Implementasi Mobile Computing : PDA

PDA atau Personal Data Asistant, adalah sebuah perangkat mobile computing yang mungil dan fleksibel. PDA mempunyai ciri-ciri:

  • Mungil
  • Mudah digenggam
  • Seukuran kantong
  • Layar sentuh
  • Alat tulis berbentuk pena
  • Memiliki system operasi tertentu (Misalnya: Palm OS, Windows Mobile/Pocket PC, GNU/Linux Mobile, Symbian OS)

Personal Digital Assistant (PDA) adalah piranti portable yang menyimpan perkakas pengelola keperluan pribadi, misalnya perencana jadwal, buku alamat, daftar tugas, bahkan perangkat lunak khusus. Pada tahun 2004, vendor utama PDA adalah PalmOne dan Hewlett-Packard, disusul oleh Dell, Sony dan Medion. Karena banyak fungsi PDA yang sudah terdapat di ponsel cerdas, penjualan PDA pun menurun, dan para ahli teknologi memperkirakan bahwa komputasi Palm akan punah. Meskipun demikian, para produsen piranti genggam terus berusaha mencari inovasi-inovasi baru.

Cara Kerja PDA

PDA sebenarnya merupakan computer kecil dengan prosesor dan system operasi khusus. Sistem operasi yang paling sering digunakan adalah Palm OS (di PDA Palm dan Sony) dan Microsoft Pocket PC (di PDA Hewlett-Packard, Casio dan Toshiba). Semua PDA memiliki layar sentuh sensitif sehingga untuk memasukkan data dapat melalui stylus (pena khusus) dengan cara mengetuk atau menulisi layar.

Penyimpanan Data

Perangkat lunak yang ada pada Palm atau Pocket PC, misal Zagat to Go, disimpan di dalam RAM (biasanya 16-64 megabyte), jenis alat penyimpan di mana data di dalamnya bisa hilang jika komputer mati (terjadi pada PC). Namun, RAM untuk PDA berbeda karena tetap bisa bekerja dengan adanya sedikit daya dari baterai meskipun PDA dimatikan. Kapasitas RAM bawaan bisa ditambah dengan kartu memori flash yang bisa dimasukkan ke slot di PDA.

Sumber Energi

Baterai PDA biasanya berupa Li-Ion, sehingga bisa diisi ulang. Adaptornya juga bisa digunakan untuk menyambungkan PDA ke colokan listrik AC.

Transfer File

Untuk memindahkan file dari PDA ke PC atau laptop 9 (dan sebaliknya), bisa dilakukan dengan 3 macam cara, yaitu :

1. Mengambil kartu flash PDA kemudian memasukkannya ke card reader pada komputer, baik versi built-in maupun melalui port USB.

2. Meletakkan PDA di cardle khusus yang disambungkan ke port USB.

3. Melakukan transfer data secara nirkabel dengan menggunakan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth di PDA.

Masa Depan PDA

Ponsel cerdas makin berisi beragai fitur untuk mengelola informasi pribadi yang sebelumnya dijalankan oleh PDA. Oleh karena itu, PDA sepertinya beralih ke fungsi-fungsi yang lebih khusus. Misalnya :
» Menampilkan Acara TV dan Foto

Setelah dahulunya merupakan piranti multifungsi, PDA kemungkinan akan beralih menjadi piranti yang berfungsi tunggal. Contohnya, PDA untuk memutar acara TV, menampilkan foto, atau menampilkan presentasi PowerPoint.
» Pengukur Cuaca

Piranti genggam pengukur cuaca bervariasi, mulai dari pengukur angin yang sederhana dan tidak mahal (bermanfaat untuk pemain golf dan peselancar), hingga piranti hi-tech yang bisa mendeteksi semua aspek cuaca, termasuk akan datangnya hujan maupun badai yang kurang menguntungkan (cocok untuk wilayah Indonesia).
» Pencari Lokasi GPS

Pencari lokasi GPS sangat populer bagi para pendaki karena dengan adanya GPS, dapat membimbing perjalan dari pendaki agar tidak tersesat. Model seperti jam tangan anti-air juga bisa digunakan para pelari untuk berlatih dan mengeavaluasi latihannya. Walaupun saat ini, GPS sudah menjadi fitur tambahan pada beberapa model ponsel cerdas terbaru.

Leave a comment